Renungan Minggu Prapaska I Tahun "A"

Bacaan Pertama    : Kejadian      2:15-17,3:1-7

Mazmur Tanggapan Mazmur    32

Bacaan Kedua      Roma          5:12-19

Bacaan Injil         : Matius         4:  1-11


 

KRISTUS TAAT, KITA...?

 

“...Kristus taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib...” Begitulah salah satu nyanyian tentang Kristus yang telah bergema sejak jaman gereja mula-mula. Ini menandakan bahwa sejak awal Kekristenan, ketaatan Kristus dalam kemanusian-Nya telah menjadi salah satu pokok ajaran iman.

Sebagaimana diungkapkan oleh Rasul Paulus, ketaatan Kristus itu kontras (berbeda secara tajam) dengan ketidaktaatan Adam. Ketika berhadapan dengan si penggoda beserta segala godaannya, Adam terbujuk untuk melakukan pelanggaran (Kej 3:1-7) sementara Kristus bertahan dalam ketaatan (Mat 4:1-11). Karena pelanggaran/ketidaktaatan Adam, semua manusia menjadi takluk kepada dosa dan maut. Namun, berkat ketaatan, kematian, dan kebangkitan Kristus, terbukalah jalan keselamatan. Boleh dibilang Kristus taat, kita selamat. Dan karena keselamatan mencakup pula perihal kita diubah dari tidak taat menjadi taat, maka penting pula untuk kita ingat: Kristus taat, kita pun belajar taat dengan memberlakukan firman Allah, melawan godaan, dan segera mengaku dosa bila melakukan pelanggaran.

Ya, Kristus taat, kita selamat... Kristus taat, kita pun belajar taat... Biarlah di Masa Prapaska ini dan juga di dalam kehidupan kita selanjutnya, hal tersebut terus kita ingat.


 Kristus taat, kita selamat.

Kristus taat, kita pun belajar taat.


Bacaan-bacaan Alkitab yang mendasari renungan ini mengacu pada Leksionari Umum Revisi/Revised Common Lectionary (RCL) yang diterbitkan oleh Konsultasi Teks-teks Umum/Consultation on Common Texts (CCT). Bisa diakses di www.commontexts.org/rcl



Komentar